Beberapa waktu yang lalu saya mengajak Alisya untuk melakukan kunjungan ke dokter gigi. Kali ini, kami mengunjungi Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic BSD. Klinik ini memang merupakan klinik gigi khusus anak dengan dokter-dokter yang memang memiliki spesialisasi pada kedokteran gigi anak. Kidz Dental Care memiliki beberapa lokasi diantaranya Puri Indah, Kebon Jeruk, BSD, Simatupang, dan Semanggi. Bertepatan dengan adanya rencana untuk berkunjung ke rumah kerabat di area BSD, maka beberapa hari sebelumnya saya membuat jadwal via telp untuk mengunjungi klinik yang berlokasi di BSD.

Berlokasi di seberang Pasar Modern BSD, tepatnya di Ruko Golden Madrid 1 Blok B No.18, klinik ini cukup mencolok karena dihiasi warna-warni ceria khas dunia anak. Sambil menunggu dokter pada jadwal yang ditentukan, anak-anak bisa bermain di ruang tunggu yang disediakan. Interior klinik yang dibuat sangat menarik dengan tema laut, membuat anak-anak merasa bahagia. Adanya berbagai mainan dan film yang diputar menjadikan klinik ini jauh dari kesan menyeramkan dan justru membuat anak merasa betah. Siang itu, kami menemani Alisya bermain lego dan puzzle di meja yang disediakan. Sebelum masuk ke klinik, perawat menawarkan pilihan DVD berisi film-film menarik yang dapat ditonton saat anak berada di dalam ruangan dokter nantinya. Selain film, kita juga dapat merekomendasikan channel youtube yang ingin ditonton anak melalui monitor di dalam ruang dokter.

Pada jam yang telah ditentukan sesuai perjanjian, kamipun mengantar putri kami ke ruangan dokter. Siang itu kami bertemu dengan Dr. Harumi, SpKGA yang sangat ramah dan menyenangkan. Setelah berkenalan sembari ber-high five ria dengan putri kami, Dr. Harumi mengajaknya duduk di kursi periksa. Berbeda dari ekspektasi kami sebelumnya, ternyata Alisya sama sekali tidak menangis saat diperiksa. Saat itu, sambil menonton chanel Shimajiro favoritnya, ia mau mengikut instruksi dokternya untuk membuka mulut. Karena ini merupakan kunjungan pertama kami ke klinik ini, dokter menghitung jumlah gigi Alisya dan kondisinya. Alhamdulillah, jumlah giginya normal dengan jumlah 20 yang artinya seluruh gigi susunya sudah tumbuh semua. Kondisi giginya relatif sehat, meski ada beberapa bagian yang memiliki kemungkinan mengalami karies. Untuk itu, dokter menyarankan pemberian tooth mousse setiap habis selesai menyikat gigi untuk menguatkan giginya dan mencegah timbulnya karies pada gigi susu.

Pada sesi ini, Dr. Harumi juga menjelaskan bahwa gigi susu biasanya akan mulai tanggal pada usia 5-6 tahun dengan didahului oleh gigi bawah, sementara gigi susu bagian atas biasanya tanggal kemudian, atau biasanya pada kisaran usia 6 hingga 7 tahun. Sejak gigi pertamanya tumbuh, Alisya sudah kami biasakan untuk menyikat gigi pada pagi hari saat mandi pagi dan malam hari sebelum tidur. Namun demikian, saran dari dokter, akan lebih baik jika waktu sikat gigi pagi diubah menjadi sesudah sarapan pagi. Selain itu, pada kunjungan kali ini, Alisya juga diajarkan cara menggosok gigi agar lebih efektif menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan alat peraga boneka buaya bergigi. Untuk usia tiga tahun seperti Alisya, tentunya kegiatan menyikat gigi masih harus dibantu dan didampingi oleh orang dewasa.

Setelah sesi pemeriksaan selesai, kami direkomendasikan untuk datang berkunjung kembali dalam 3 bulan yang akan datang untuk melihat progress penggunaan tooth mousse dan bertambah atau tidaknya kemungkinan karies pada gigi atas Alisya. Sebelum berpamitan, Dr. Harumi menjelaskan secara langsung kepada Alisya mengenai pantangan untuk berhenti menahan makanan terlalu lama dalam mulut serta menyarankan untuk tetap berusaha menggunakan sedotan dan gelas dibandingkan dengan botol susu. Penyampaian saran yang menarik, menjadikan Alisya mengingat-ingat hal tersebut dengan baik dan berusaha mematuhinya. Sebelum meninggalkan klinik, Alisya juga dipersilahkan untuk memilih sendiri hadiah sesuai dengan yang ia inginkan untuk dapat dibawa pulang.

Overall, saya merasa terkesan dengan pengalaman berkunjung ke klinkik gigi Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic BSD ini. Meskipun jaraknya cukup jauh dari lokasi rumah kami, namun melihat reaksi dari putri kami dan dampak yang diberikan, kami berencana untuk mengunjungi klinik ini kembali sesuai jadwal yang direkomendasikan untuk melakukan kontrol rutin dalam tiga bulan ke depan. Terima kasih, Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic BSD atas pengalaman yang menyenangkan.

Note:
Bagi pembaca yang ingin berkunjung ke Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic, dapat menyesuaikan dengan lokasi terdekat dari rumah dengan beberapa pilihan lokasi sebagaimana yang dapat diakses pada http://kidzdental.co.id/location/.